Usir Ketombe dengan 7 Cara Mengatasi Ketombe Membandel

Usir Ketombe dengan 7 Cara Mengatasi Ketombe Membandel

Posted on

Kulit kepalamu sering sekali gatal? Itu tandanya Rambut mu mengalami ketombe. Pasti ketombe apalagi ketombe yang membandel sangat mengganggu aktivitasmu. Selain itu juga mengganggu penampilanmu karena ketombe bisa saja terlihat di bahu bajumu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Inilah 7 Cara Mengatasi Ketombe Membandel.

Rambut rontok bisa saja terjadi karena cuaca, shampo yang salah, atau juga karena sisa busa yang masih ada di kepala. Jadi, penting bagi kamu untuk melakukan perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi kepala dan rambutmu. Dibawah ini akan dipaparkan 7 Cara Mengatasi Ketombe Membandel.

7 Cara Mengatasi Ketombe Membandel ini dapat membantu mengembalikan kondisi rambutmu. Jadi mari kita simak bersama.

  1. Sari Lemon

Lemon memiliki tingkat keasaman tinggi sehingga kandungan ini bisa membasmi jamur di kepala dan juga bisa menjaga kadar pH pada kepalamu. Sari lemon bahkan bisa membersihkan kulit kepalamu dari kutu rambut dan juga bakteri. Caranya usapkan perasan lemon yang sudah dicampur air dingin atau hangat ke kepala. Lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Cuka Apel

Cuka memang terkenal sebagai bumbu masakan. Tapi dengan kandungan yang dimiliki, cuka juga ampuh digunakan untuk mengusir ketombe. Penggunaan cuka pada kulit kepala juga bisa membantu membersihkan sel sel kulit mati pada kepala agar tidak menimbulkan ketombe. Caranya cukup mudah, oleskan cuka apel di kepala kemudian tunggulah hingga dia bereaksi. Kamu bisa menunggunya selama 10-20 menit. setelah itu bilaslah rambutmu dengan bersih.

  1. Daun Pandan

Daun pandan yang wangi ini tidak hanya menyedapkan masakanmu, tapi juga membantu mengatasi masalah ketombe di kepalamu. Kandungan mineral alami di dalam daun pandan ini dapat membantu menutrisi rambutmu sampai akar dan juga menghilangkan ketombe. Selain itu, penggunaan daun pandan juga bisa membuat rambutmu wangi. Caranya, bersihkan terlebih dahulu daun pandan lalu remas remas dan seduh dengan air hangat. Atau bisa juga dengan kamu blender daun pandan. Setelah itu saring dan ambil airnya. Oleskanlah pada kulit kepalamu. Pijat dengan halus dan pelan, setelah itu tunggu selama 10 hingga 20 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Baking Soda

Dengan kandungan senyawa abrasif di dalamnya, baking soda mampu mengatasi ketombe di kepala dengan efektif. Namun penggunaan baking soda harus dilakukan dengan hati hati dan dengan kadar secukupnya. Karena penggunaan yang berlebihan bisa merusak kondisi kepala dan rambutmu. Caranya, larutkan baking soda di dalam air hangat. Usahakan dibuat agak sedikit encer dengan takaran soda yang tidak terlalu banyak. Lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama sekitar 30 menit. setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Bawang Putih

Bawang putih ini selain sebagai bumbu masak, juga dikenal sebagai pembunuh bakteri paling ampuh. Sehingga penggunaannya untuk mengatasi ketombe juga akan efektif. Meskipun baunya cukup tajam, tapi manfaatnya tidak dapat diragukan.

  1. Minyak Zaitun

Banyak sekali manfaat minyak zaitun. Ternyata selain bermanfaat untuk jantung, stroke, dan penyakit lain, kandungan dalam minyak zaitun juga mampu mengatasi ketombe di kepala.

  1. Tomat

Tomat memiliki tingkat keasaman yang dapat mengusir bakteri penyebab ketombe. Ketombe di kepala bisa saja muncul karena keasaman pada kepala yang tidak seimbang sehingga bakteri akan tumbuh subur disana. Oleh karena itu penggunaan tomat pada kulit kepala bisa membantu mengembalikan keasaman atau tingkat pH.