Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

No comment 439 views

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia berlangsung dari akhir tahun hingga awal tahun baru. Namun biasanya pada peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan, tubuh rentan terkena berbagai gangguan kesehatan. Sebab pada pergantian musim, tubuh harus beradaptasi dengan suhu dan kelembaban udara yang berbeda dari sebelumnya. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, maka kemungkinan tubuh terserang penyakit akan lebih besar. Penyakit yang menyerang pada saat musim hujan tidak hanya mudah dialami oleh orang dewasa, namun anak-anak justru lebih berisiko.

Ada berbagai jenis penyakit yang mudah menyerang tubuh seseorang saat musim hujan, seperti batuk, flu, pilek, sesak nafas, masuk angin, demam berdarah dan lain sebagainya. Berbagai penyakit tersebut akan lebih mudah menyerang seseorang apabila daya tahan tubuhnya tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu agar kondisi tubuh tetap sehat saat musim hujan, maka simak tips menjaga kesehatan saat musim hujan berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

1.    Konsumsi Vitamin

Biasanya tubuh tidak secara langsung bisa beradaptasi dengan suhu dan kelembaban pada saat pergantian musim. Namun tubuh harus melalui proses terlebih dahulu, proses tersebut yang biasanya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau daya imun manusia menjadi lemah. Apabila sistem kekebalan tubuh menurun, maka berbagai penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi vitamin C agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C akan membantu untuk meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

2.    Bersihkan Lingkungan

Karena hujan yang terus menerus membuat lingkungan menjadi lebih kotor. Hal ini disebabkan karena tingkat kelembaban udara pada saat musim hujan lebih tinggi yang membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah mengalami proses pembusukan sehingga akan menjadi sumber kuman. Oleh karena itu, bersihkan lingkungan yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri.

3.    Minum Air Putih

Berbeda dengan musim kemarau, pada saat musim hujan seseorang akan jarang mengalami rasa haus. Hal ini disebabkan karena udara yang dingin membuat rasa haus jarang terjadi. Meskipun demikian, jangan sampai melewatkan mengonsumsi air putih secara cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Karena kebutuhan cairan pada saat musim hujan dan musim kemarau tetap sama. Selain itu, kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun apabila Anda bosan hanya mengonsumsi air putih saja, Anda bisa meminum air jahe yang akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

4.    Pola Tidur

Udara dingin pada saat musim hujan mengundang rasa kantuk. Namun rasa kantuk tersebut jangan diabaikan. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk istirahat dan tidurlah secukupnya. Tidur yang cukup akan memulihkan kembali tenaga dan memperbaiki sistem imun tubuh.