Telapak Kaki Pecah-pecah, Begini Cara Mengatasinya

Kekurangan mineral, vitamin, zat besi, dan asam lemak omega 3 merupakan faktor penyebab kulit menjadi kering, selain itu dapat pula membuat telapak kaki menjadi pecah-pecah. Namun terkadang, masih banyak orang yang menganggap sepele masalah telapak kaki pecah-pecah dan tidak terlalu meperdulikan kesehatan telapak kaki. Telapak kaki yang kering dan pecah-pecah harus segera diatasi agar tidak melebar. Berikut ini cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah yang dapat anda lakukan.

mengatasi telapak kaki pecah-pecah

Tips Mencegah Telapak Kaki Pecah-pecah

Telapak kaki pecah-pecah sering kali disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Selain itu, kita biasanya kurang memberikan perhatian terhadap kondisi kesehatan kaki. Padahal telapak kaki juga harus diberikan perawatan. Kondisi telapak kaki yang pecah-pecah memang tidak berbahaya, namun apabila retakan pada telapak kaki semakin dalam dapat memicu timbulnya masalah atau gangguan pada dermis. Bukan hanya itu saja, bahakn tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan berdarah. Bagi penderita penyakit kronis misalnya diabetes, masalah kecil seperti ini akan berubah menjadi masalah yang besar sehingga dapat membuat telapak kaki menjadi infeksi.

Telapak kaki pecah-pecah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor usia dan aktivitas produksi kelenjar sebum mulai menurun. Telapak kaki pecah-pecah ditandai dengan gejala berikut ini :

  • Gejala awal telapak kaki pecah-pecah umumnya ditandai dengan kulit bersisik dan berwarna agak kemerahan.
  • Setelah itu, terjadi pengelupasan pada telapak kaki. Lebih buruk lagi, biasanya apabila terjadi pengelupasan orang tidak sabar untuk mengelupaskannya. Padahal hal tersebut, membuat keadaan kulit telapak kaki menjadi lebih parah bahkan dapat membuat pecah-pecah pada telapak kaki tersebut menjadi lebih dalam.
  • Memiliki telapak kaki yang pecah-pacah juga dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Hal ini disebabkan karena penyusutan pada lapisan kulit kering, dan menyebabkan peregangan pada kulit bagian bawah serta menimbulkan rasa gatal pada telapak kaki.
  • Selain itu, pada kondisi yang lebih parah dapat menimbulkan pendarahan pada telapak kaki.

Oleh karena itu, agar masalah telapak kaki pecah-pecah tidak terjadi pada diri anda, maka harus dicegah dengan mencari cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Berikut ini akan dipaparkan mengenai cara alami mengatasi telapak kaki pecah-pecah :

  1. Menggunakan rendaman air jus lemon. Cara ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati, dan dapat juga memberikan nutrisi untuk kulit telapak kaki.
  2. Mengoleskan minyak zaitun. Selain dapat mengobati telapak kaki pecah-pecah, dengan mengoleskan minyak zaitun juga dapat membuat telapak kaki menjadi lebih halus. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, oleskan minyak zaitun pada telapak kaki secara rutin.
  3. Mengatasi telapak kaki pecah-pecah selain menggunakan minyak zaitun, ternyata dapat juga dengan mengunakan minyak kelapa murni ataupun dengan minyak esensial.
  4. Menggunakan campuran air mawar dengan gliserin.
  5. Memberikan asupan vitamin serta mineral yang cukup melalui diet sehat.