Perawatan Kulit Wajah Kering Berjerawat Sensitif

Wajah kulit yang sehat dan kencang serta cerah adalah hal yang paling didambakan khususnya bagi kaum hawa yang mengutamakan penampilan dalam kehidupan sehari-hari. Perawatan kulit secara teratur akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa merawat kulit harus sesuai dengan tipikal jenis kulit seperti kulit kering, kulit berjerawat, serta kulit sensitif, karena berbeda kulit maka akan berbeda cara merawatnya.

Perawatan Kulit Wajah Kering

perawatan-kulit-wajah-kering-berjerawat-sensitif

Perawatan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit akan memaksimalkan hasil yang didapat pada kulit wajah. Karena setiap jenis kulit memerlukan perawatan yang khusus dan berbeda. Kulit normal perawatannya tidak sama dengan kulit berjerawat, dan kulit berjerawat perawatannya tidak sama dengan kulit sensitif. Kesemua jenis kulit tersebut memang memerlukan perhatian dan perawatan khusus untuk mendapatkan kulit yang sehat, kencang dan kenyal.

Kulit kering memiliki ciri-ciri wajah yang kusam dan tidak segar yang diakibatkan oleh kurangnya nutrisi cairan pada tubuh. Kekurangan cairan ini bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak gemar mengkonsumsi air putih, padahal air putih adalah salah satu asupan penting bagi kulit khususnya wajah agar tampil segar dan kenyal. Perawatan kulit kering dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas setiap harinya.

Air putih akan mengembalikan kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar serta kenyal. Selain itu menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi kekeringan pada kulit wajah. Minyak zaitun dipercaya sebagai pelembab alami yang berkhasiat untuk melembabkan kulit yang kering dan kasar. Mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat mengembalikan kelembaban alami kulit dan mencukupi nutrisi kulit akan vitamin yang dibutuhkan.

Perawatan Kulit Berjerawat dan Sensitif

Lain halnya dengan kulit kering yang membutuhkan pelembab sebagai salah satu cara untuk merawat kulit wajah agar tampak lebih sehat, kulit berjerawat justru harus menghilangkan beberapa kelebihan minyak di wajahnya agar jerawat dapat dikendalikan perkembangannya. Perawatan kulit berjerawat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayur untuk menutrisi kulit dengan vitamin yang dibutuhkannya.

Vitamin A dan vitamin C pada buah dan sayur dapat mengurangi pertumbuhan jerawat. Selain itu, dengan berolahraga yang teratur akan membuat kulit wajah yang berjerawat akan mengurangi jerawat yang berkembang. Hal ini disebabkan oleh keringat yang keluar melalui olahraga akan membuang racun yang ada dalam tubuh. Menggunakan masker wajah untuk kulit berjerawat juga dapat dilakukan agar kulit tampak lebih sehat dan cerah serta bebas jerawat.

Berbeda ketika menangani kulit yang sensitif yang rawan akan iritasi kulit. Diperlukan tips khusus untuk perawatan kulit sensitif agar memperoleh kulit yang lebih sehat dan terawat. Tips dasar dari merawat kulit adalah dengan rajin membersihkan wajah. Gunakan sabun wajah yang khusus untuk kulit yang sensitif.

Jangan lupa untuk selalu mengenakan pelembab, pelembab tidak hanya digunakan untuk kulit kering, namun pelembab merupakan jurus ampuh ketika kulit sensitif sedang mengalami iritasi yang membutuhkan pelembab dalam perawatannya. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit sensitif. Kulit sensitif sangat rentan terhadap paparan cahaya matahari yang dapat menimbulkan iritasi pada wajah.

Gunakan sun block saat bepergian atau beraktivitas di luar rumah. Paparan sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan kulit kusam dan muncul tanda penuaan pada kulit. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dosis tinggi yang berkhasiat mempercantik kulit. Perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit akan menghasilkan kulit yang sehat serta terawat.