Penyebab Jerawat Nasi dan Cara Mengatasinya

Mungkin istilah jerawat nasi masih terdengar asing di telinga anda. Jerawat nasi ini terbentuk dari sel kulit mati, bakteri serta minyak berlebih yang tertimbun di bawah pori-pori kulit wajah yang terbentuk seperti benjolan. Dikatakan sebagai jerawat nasi, sebab apabila anda memencet jerawat ini dengan kedua jari, maka jerawat tersebut akan mengeluarkan cairan yang berwarna putih yang menyerupai butiran nasi. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat nasi, diantaranya sebagai berikut :

cara menghilangkan jerawat nasi

  • Kulit Berminyak

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa minyak yang berlebih dapat menutupi pori-pori kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat nasi. Oleh karena itu sering-seringlah membersihkan minyak di wajah dengan menggunakan kertas minyak untuk wajah agar minyak tersebut tidak menutupi pori-pori kulit. Selain itu hindari mencuci muka terlalu sering, sebab terlalu sering mencuci muka dapat menyebabkan minyak yang diproduksi oleh wajah menjadi lebih banyak.

  • Hormon

Hormon yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat nasi. Ketidakstabilan hormon menyebabkan kulit memproduksi minyak secara berlebih. Akibatnya minyak berlebih yang diproduksi kulit wajah menutupi permukaan pori-pori kulit. Ketidakstabilan hormon ini biasanya dialami oleh para remaja yang sedang menstruasi, proses pubertas, kehamilan ataupun menopause.

  • Wanita

Wanita sering mengalami perubahan hormon yang signifikan, sehingga wanita lebih rentan mengalami jerawat nasi apabila dibandingkan dengan laki-laki.

Setelah mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya kita cari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat nasi ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Nasi

  • Menggunakan Tomat

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam tomat sangat bagus untuk kulit, sehingga dapat digunakan sebagai pembasmi jerawat nasi. Cara menghilangkan jerawat nasi dengan menggunakan tomat dapat dilakukan dengan membuat masker wajah yang berbahan dasar tomat. Untuk membuatnya juga sangat mudah, yaitu dengan meletakkan irisan tomat ke permukaan wajah dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air agar wajah menjadi bersih.

  • Uap Air Panas

Seperti yang kita ketahui jerawat nasi ditimbulkan oleh sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit wajah. Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan uap air panas untuk membuka pori-pori kulit, sehingga bakteri dan sel kulit mati yang menyebabkan timbulnya jerawat akan terlepas.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Faktanya, air putih dapat mengurangi racun yang terdapat di dalam tubuh sehingga jerawat juga tidak akan kembali muncul di wajah. Oleh karena itu biasakan meminum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari. Selain dapat menghilangkan jerawat nasi, dengan meminum air putih kita juga bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit ginjal.

Demikian uraian mengenai penyebab dan cara menghilangkan jerawat nasi. Semoga uraian di atas dapat berguna bagi anda.