Pentingkah Diet Golongan Darah O, A, B dan AB?

Anda tentu sudah tidak asing dengan kata diet. Ketika mendengar kata diet, jangan kemudian berfikir bahwa kita harus menghentikan makan kita. Diet dengan menghentikan makan secara tiba-tiba tentu akan berakibat pada keseimbangan tubuh.

Jadi, sebaiknya jangan melakukan diet dengan menghentikan diet sama sekali. Yang mulai banyak dilakukan banyak orang saat ini adalah dengan melakukan diet golongan darah. Karena kabar yang beredar bahwa diet golongan darah mampu menurunkan kelebihan berat badan secara efektif dan juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan diet yang dilakukan sesuai dengan golongan darahnya.

Bagaimana Diet Golongan Darah Dapat Menurunkan Berat Badan?

diet-golongan-darah-o-a-b-ab

Mungkin tidak pernah terpikir dalam benak kita bahwa makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh baik pada golongan darah kita. Namun, belum tentu makanan itu bisa memberikan pengaruh yang sama baiknya pada golongan darah yang lain.

Ini bisa terjadi karena ternyata golongan darah sangat berpengaruh pada sistem pencernaan dan juga metabolisme tubuh. Jika Anda bergolongan darah A, maka makanan untuk diet golongan darah A yang harus di konsumsi adalah makanan yang mengandung protein nabati. Makanan ini biasanya terkandung pada biji-bijian, kedelai, kacang hijau, jagung dan lain-lain.

Sayuran yang cocok dikonsumsi adalah sayuran organik. Golongan dara A sebaiknya tidak mengkonsumsi daging dan makanan dengan kandungan lemak tinggi. Olahraga yang bisa dikerjakan untuk diet ini adalah berjalan sehat dan juga beberapa olahraga kecil lainnya. Berbeda halnya dengan seseorang yang memiliki golongan darah B.

Maka makanan yang tepat untuk golongan darah B adalah daging, susu rendah lemak seperti yoghurt, brokoli, wortel, dan juga terong. Orang yang sedang diet golongan darah B, juga sangat baik jika mengkonsumsi sea food. Golongan darah ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh golongan darah yang lain.

Karena orang dengan golongan darah B memiliki tingkat antibodi yang tinggi. Hal ini menjadi penyebab utama bahwa orang dengan golongan darah B sangat jarang sakit. Sedangkan olahraga yang sangat cocok dilakukan adalah tari balet, aerobik, dance dan olahraga ringan lain. Lain halnya dengan orang yang memiliki golongan darah AB.

Golongan darah ini sangat unik karena golongan darah ini merupakan perantara golongan darah A dan B. Pemilik golongan darah ini bisa sangat mudah untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan. Maka makanan untuk diet golongan darah AB sangat baik untuk mengkonsumsi seafood dan sayuran.

Penyakit yang biasa diderita pemilik darah AB biasanya adalah sakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Karena golongan darah AB memang memiliki saluran pencernaan yang cukup sensitif dibandingkan dengan yang lain. Susu kambing, ikan tuna, buah anggur dan tahu sangat cocok untuk dikonsumsi.

Sedangkan olahraga yang cocok adalah olahraga yang bisa menjauhkan dari stres seperti yoga, pilates, atau lari kecil. Namun jika Anda sedang diet golongan darah O, maka olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga bersepeda, jogging, berenang, hingga angkat beban.

Sedangkan makanan yang cocok dikonsumsi untuk golongan darah O antara lain sayuran berpigmen hijau, protein hewani, seafood, unggas, daging tanpa lemak dan mengurangi makanan pada golongan biji-bijian, roti, terong, kacang-kacangan, kentang, jamur, dan juga kecambah. Beberapa orang yang telah melakukan diet golongan darah terbukti lebih efektif daripada diet dengan cara lain. Jika Anda tertarik, Anda bisa mulai melakukannya mulai sekarang. Untuk beberapa penderita penyakit tertentu, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum melakukan diet. Selamat mencoba!