Obat Untuk Menghilangkan Bekas Luka Yang Sudah Lama

Hampir setiap orang pernah terluka, baik luka bakar, luka karena benda tajam, atau karena terjatuh. Apapun penyebabnya, luka dapat meninggalkan bekas yang berwarna kehitaman. Bekas luka akan sangat mengganggu apabila terdapat di area-area tertentu seperti wajah, lengan, dan paha.

Bahkan bekas jerawat dan knalpot yang menghitam terasa sangat mengganggu penampilan. Bekas luka yang tidak kunjung memudar, apalagi di area tertentu seperti yang telah disebutkan di atas dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Banyak orang yang mati-matian menghilangkan bekas luka yang dimiliki.

Banyak yang membeli produk-produk seperti salep sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka. Obat ini bisa ditemukan di apotik dengan harga yang bervariasi. Jika menginginkan yang berkualitas maka dipatok dengan harga yang sangat mahal. Ada pula yang menghilangkan bekas luka dengan cara laser.

Obat Untuk Menghilangkan Bekas Luka Yang Sudah Lama

obat-penghilang-bekas-luka-yang-sudah-lama

Terlepas dari semua itu, tahukah Anda bahwa ternyata bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita dapat digunakan untuk obat bekas luka? Bahkan dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka yang sudah lama. Apa saja bahan-bahan alam tersebut? Pertama, lidah buaya. Kita tahu bahwa gel tanaman lidah buaya mempunyai banyak khasiat bagi tubuh, mulai dari kesehatan, menghilangkan jerawat, mengurangi rambut rontok, mengobati ketombe, sampai menjadi obat bekas luka, termasuk di dalamnya bekas jerawat yang sudah menghitam.

Cara menghilangkan bekas luka dengan gel lidah buaya yaitu cukup dioles-oleskan pada bagian yang terluka, diamkan beberapa menit agar meresap. Lalu Anda dapat membilasnya dengan air. Lakukan ini 3 kali sehari dengan teratur dan konsisten.

Kedua, dengan mentimun. Mentimun terkenal mengandung vitamin C dan potassium yang berperan untuk menangkal radikal bebas dan menangkal sel kanker dari asap makanan yang dibakar. Namun, ternyata mentimun juga dapat digunakan sebagai obat bekas luka. Caranya, kupas mentimun secukupnya, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Boleh juga menggunakan blender tanpa dicampur air karena mentimun sendiri sudah banyak mengandung air. Gunakan tumbukkan mentimun tersebut untuk membalur luka bakar.

Obat Untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Ketiga, dengan daun mint. Daun mint bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat. Daun mint juga berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka bakar. Caranya, cukup tumbuk beberapa lembar daun minyang sudah dicuci sampai halus dan membentuk scrub. Lalu balurkan pada bagian bekas luka atau bekas luka bakar. Lakukan dengan teratur setiap hari sampai bekas luka berangsur0angsur memudar.

Keempat, dengan madu. Madu selain rasanya manis dan berfungsi untuk kesehatan di dalam tubuh, juga berfungsi untuk menghilangkan luka. Caranya, bersihkan bagian kulit yang terkena luka. Oleskan madu sebelum tidur. Biarkan sehari semalam, lalu paginya boleh dibersihkan dengan air. Kelima, dengan meminum air teh hijau. Air seduhan teh hijau juga dapat digunakan untuk obat bekas luka dari luar, yaitu dengan mengoleskannya sambil dipijit perlahan-lahan.

Keenam, dengan daun pare. Siapkan beberapa lembar daun pare, bersihkan lalu remas-remas sampai lembut. Tambahkan air hangat dan sedikit tepung beras sampai adonan seperti lotion kulit. Balurkan pada bagian yang terluka. Diamkan 10-15 menit lalu Anda boleh membilas dengan air. Itulah beberapa tips mengenai obat untuk menghilangkan bekas luka.

Dari beberapa saran tersebut, pilihlah salah satu atau beberapa yang paling sesuai dengan Anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa untuk menghilangkan luka diperlukan proses dan waktu, sehingga Anda harus bersabar dan konsisten dalam menjalaninya. Tidak mudah putus asa.