Menu Pilihan Diet Pengganti Nasi

No comment 1140 views

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, nasi menjadi salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia. Bahkan, ada anggapan di masyarakat bahwa apabila belum makan nasi maka diibaratkan belum makan, sekalipun sudah makan roti. Akan tetapi, belum banyak orang yang mengetahui bahwa nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi. Nasi putih memiliki indeks glikemik sebesar 88 sampai 89. Nasi yang kita konsumsi setiap hari akan diserap menjadi gula darah. Dengan demikian, orang yang terkena penyakit diabetes tidak disarankan untuk banyak memakan nasi putih.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, nasi putih juga tidak begitu disarankan. Namun apabila Anda sudah terbiasa memakan nasi sebagai makanan utama, lalu bagaimana cara menjalankan diet sehat tanpa nasi agar tetap merasa kenyang dan sehat? Tenang saja, karena makanan di bawah ini bisa anda jadikan sebagai makanan pengganti nasi.

  1. Singkong

singkongMakanan pengganti nasi ini, memang sudah banyak di kenal oleh orang Indonesia. Bahkan singkong menjadi makanan pokok di beberapa daerah. Akan tetapi, singkong kalah populer dibanding dengan nasi. Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat tanpa nasi, singkong bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Selain itu, singkong bisa membantu menurunkan kolesterol jahat yang diakibatkan oleh tingginya serat di dalam tubuh. Selain direbus, singkong juga bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan diantaranya tiwul, gethuk dan masih banyak lagi.

  1. Ubi Jalar

ubi jalarDi Indonesia, terdapat beberapa jenis ubi jalar, diantaranya ubi putih, ubi kuning, dan ubi ungu. Ubi jalar memiliki cita rasa yang sedikit manis, sehingga tidak akan membuat Anda bosan apabila dikonsumsi sebagai pengganti nasi untuk diet sehat Anda. Selain itu, ubi jalar mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh, mulai dari fosfor, kalsium, betakeroten, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, zat besi, air, lemak, karbohidrat, dan masih banyak lagi.

  1. Kentang

kentangMakanan pengganti nasi yang satu ini sudah cukup populer di Indonesia, bahkan kentang bisa diolah menyerupai nasi dan dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya. Selain bisa mengenyangkan, kentang mengandung nutrisi yang lebih lengkap dan seimbang dari pada nasi. kandungan tersebut antara lain, serat, Vitamin C, kalori yang lebih rendah, dan lain sebagainya.

  1. Jagung

jagungJagung merupakan salah satu makanan pokok yang bisa dijadikan sebagai menu diet sehat pengganti nasi dengan indeks glikemik yang terbilang sedang yaitu berada di angka 56 dan 60. Jagung bisa diolah dengan berbagai cara yaitu direbus, dibakar, dan juga bisa dimasak sebagai nasi jagung. Kandungan yang terdapat dalam jagung juga cukup banyak dan sangat baik bagi kesehatan. Kandungan tersebut antara lain, Vitamin B, mineral, serat, antioksidan, dan fruktosa.