Masker Wajah Alami Untuk Kulit Berminyak dan Kering

Wajah yang bersih dan sehat merupakan dambaan setiap perempuan di manapun berada. Namun, aktivitas sehari-hari terkadang membuat kita tidak sadar sehingga membuat wajah berminyak, timbul jerawat, kusam, dan lain-lain. Pada dasarnya banyak kosmetik perawatan wajah yang dijual bebas di toko-toko.

Namun tidak semua kosmetik aman bagi kulit karena kandungan kimia yang terdapat di dalamnya. Untuk itulah, Anda perlu membuat masker wajah alami sebagai pengganti kosmetik yang harganya mahal-mahal. Dengan masker yang alami, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya memang sangat murah dan tentunya lebih aman.

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Berminyak dari Buah

Masker wajah yang dapat Anda buat sendiri umumnya sebagai masker wajah alami dari buah. Mengapa dari buah? Karena buah-buahan mengandung banyak vitamin yang tidak hanya diperlukan bagi tubuh, tapi juga bagi kulit wajah. Kandungan vitamin A, C, dan E yang ada pada buah-buahan sangat baik bagi regenerasi sel di wajah cantik Anda. Lalu, apa saja buah-buahan yang dapat dijadikan untuk masker wajah?

Pertama, masker wajah alami untuk kulit berminyak. Masker alami untuk kulit berminyak tentu berbeda dengan kulit yang kering. Untuk kulit berminyak, Anda dapat menggunakan buah apel, mentimun, atau jeruk nipis. Cara membuat masker apel adalah dengan menghancurkan dan menghaluskan buah apel, tambahkan sedikit air. Lalu, aplikasikan pada seluruh bagian wajah. Tunggu 15 menit sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

masker-wajah-alami-dari-buah

Dengan buah mentimun, Anda perlu menghancurkan isi mentimun dan memakainya sebagai masker. Kemudian jika menggunakan jeruk nipis cukup oles-oleskan saja pada seluruh permukaan wajah. Pada dasarnya, wajah berminyak tidak dapat lepas dari jerawat. Masker lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak yaitu dengan tomat dan daging tanaman lidah buaya yang dioleskan pada wajah.

Untuk kulit berminyak juga dapat menggunakan masker buah lagi yaitu dengan buah stroberi atau wortel. Untuk masker stroberi, caranya cukup hancurkan 10 buah stroberi, campurkan madu sebanyak 3 sendok makan. Dalam menghancurkan stroberi tidak perlu menggunakan blender, cukup gunakan garpu saja.

Saringlah air campuran stroberi dan madu tersebut, lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian wajah. Diamkan 10-15 menit. Lalu bilas wajah sampai bersih. Jika menggunakan wortel caranya cukup panjang, yaitu rebus wortel terlebih dahulu. Hancurkan sampai lembut. Campurkan dengan madu secukupnya. Oleskan pada seluruh wajah sampai merata. Biarkan 10-15 menit, bilas dengan air.

Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering

Berikutnya, merupakan masker wajah alami untuk kulit kering. Tekstur kulit kering sangat berbeda dengan kulit berminyak. Jika kulit berminyak rawan terkena jerawat, maka kulit kering rawan bersisik dan terlihat kusam. Untuk masker kulit kering ini dapat menggunakan buah pisang, mentimun, buah mangga, buah alpukat, dan campuran putih telur dan madu.

Pertama, membuat masker dengan buah pisang yaitu masukkan pisang, madu, dan yogurt pada blender. Setelah itu, oleskan merata pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air sampai bersih. Kedua, menggunakan mentimun. Caranya yaitu masukkan mentimun tanpa kulit dan tanpa biji ke dalam blender, tambahkan sedikit daging lidah buaya. Blender sampai halus lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Masker wajah alami untuk kulit kering yang ketiga yaitu dengan buah alpukat. Hancurkan dan haluskan daging alpukat secukupnya. Tambahkan sedikit madu. Campurkan sampai rata. Aplikasikan pada seluruh bagian wajah. Diamkan 15-20 menit hingga kering. Lalu bilas dengan air bersih. Pilihan berikutnya yaitu campuran putih telur, madu, dan minyak bunga matahari. Aplikasikan merata pada wajah lalu bilas dengan air bersih.