Gangguan Pada Kulit Manusia dan Cara Mengatasinya

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang apabila tidak dilakukan perawatan dengan benar dapat timbul gangguan pada kulit. Terdapat beberapa macam gangguan kulit yang masing-masing terdapat penyebab dan juga dapat diatasi. Gangguan tersebut antara lain alergi, kadas, panu, dan lain sebagainya yang memiliki tingkat sedang hingga pada kadar yang sudah dikatakan parah.

Penyebab terjadinya gangguan kulit juga cukup beragam, dapat disebabkan oleh iklim, kebersihan lingkungan, pengaruh pola hidup kita sendiri yang kurang sehat dan sadar akan menjaga kebersihan. Berikut beberapa jenis gangguan kulit untuk lebih mengenalnya dan dapat dilakukan tindakan pengobatan maupun pencegahan yang tepat.

Penyakit kulit yang termasuk banyak diidap oleh orang adalah panu, panu adalah penyakit kulit yang disebabkan karena serangan jamur. Munculnya jamur ini karena pola asupan makanan yang tidak kita perhatikan seperti kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar protein tinggi. Inilah yang menjadi asal muasal tumbuhnya jamur.

Gangguan Pada Kulit Manusia

gangguan-pada-kulit-manusia-cara-mengatasinya

Selain itu tidak ada kesadaran kita akan kebersihan badan juga mampu memunculkan jamur yang menyebabkan penyakit panu. Gangguan kulit ini akan diawali saat Anda berkeringat akan muncul rasa gatal kemudian diikuti perubahan pada kulit yang muncul bercak-bercak putih.

Gangguan pada kulit manusia berikutnya adalah kudis, penyakit kulit ini termasuk menular ini cukup banyak diidap oleh masyarakat Indonesia karena tidak mengetahui lebih mendalam tentang penyakit ini seperti bagaimana cara penularannya. Kudis dapat menular melalui handuk yang digunakan bersama-sama maupun juga sprei, dan pakaian.

Keluhannya hampir sama dengan panu, yakni rasa gatal dan rasa gatal ini akan semakin menjadi ketika malam hari. Kudis banyak ditemukan di beberapa bagian tubuh, seperti sela jari, bagian pergelangan tangan maupun kaki, ketiak, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Salah satu penyebab munculnya penyakit kudis adalah karena kurangnya kesadaran kita untuk menjaga kebersihan terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah kumuh.

Bisul juga termasuk dalam gangguan kulit yang juga cukup mengganggu apabila muncul. Secara fisik bisul merupakan benjolan yang berwarna merah yang didalamnya terdapat nanah. Benjolan ini dapat bertambah besar, muncul di beberapa bagian tubuh seperti paha, pinggul, kaki, ketika, dan lain sebagainya. Penyebab dari bisul adalah infeksi pada bagian kelenjar kulit.

Penyebab lainnya yang dapat dikarenakan pori-pori kulit yang tertutup oleh karena sering menggunakan produk kosmetik. Selain panu, kudis, dan bisul gangguan kulit yang juga merupakan jenis gangguan yang sering muncul adalah jerawat. Jerawat juga termasuk masalah kulit yang cukup mengganggu dan hampir di derita oleh semua orang.

Gangguan Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa langkah untuk gangguan pada kulit dan cara mengatasinya. Gangguan yang disebabkan oleh jamu yakni panu, kadas, kurap, Anda dapat mengatasi penyakit ini dengan menggunakan rimpang kencur. Rimpang kencur sebelumnya Anda cuci bersih dan tinggal gosokkan pada bagian kulit yang terserang jamur.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel, Anda dapat menggunakan tomat sebagai masker alami, cuci bersih buah tomat secukupnya dan hancurkan hingga lembut. Hasilnya oleskan secara merata pada bagian kulit wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian barulah Anda bersihkan dengan air bersih.

Gangguan pada kulit sejatinya dapat Anda hindari dengan selalu menjaga kebersihan tubuh kita dan juga lingkungan tempat tinggal kita. Perhatikan pula keadaan air di daerah tempat tinggal Anda, pastikan bersih dan bebas dari kuman.

Anda juga harus rajin menjaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun. Jika Anda tidak sedang berada di rumah, usahakan untuk tidak mengenakan handuk atau bertukar dan saling pinjam handuk dengan orang lain untuk menghindarkan diri dari tertular kudis.