Cara Mengobati Kulit yang Alergi

No comment 1197 views

Cara Mengobati Kulit yang Alergi

Kulit sensitif bisa dialami oleh setiap orang, namun terkadang seseorang tidak menyadari bahwa kulitnya mengalami sensitifitas terhadap suatu bahan yang menyebabkan kulitnya mengalami alergi. Apabila kulit mengalami sensitif biasanya akan timbul gejala yang tidak normal, seperti bersin-bersin, sesak nafas, dan ruam. Alergi kulit memang merupakan salah satu jenis alergi yang banyak dialami. Anda dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter kulit untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi atau tidak. Namun apabila ternyata Anda memiliki alergi kulit, Anda dapat mengikuti metode berikut ini sebagai cara mengatasi alergi kulit.

Cara Mengatasi Alergi Kulit

  1. Membersihkan Lingkungan

Cara pertama untuk mengatasi alergi pada kulit yang dapat Anda lakukan setiap hari yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah Anda. Karena dalam area sekitar rumah tidak luput dari berbagai jenis virus, kuman dan partikel yang tidak terlihat yang merupakan penyebab timbulnya alergi pada kulit Anda, salah satunya yaitu debu.

Oleh karena itu, agar berbagai substansi yang memicu alergi dapat dihilangkan maka Anda harus menjaga lingkungan rumah. Rutin membersihkan rumah dan area sekitar rumah 2 kali sehari, dan menutup barang-barang yang sudah tidak digunakan, merupakan beberapa cara untuk menjaga kebersihan lingkungan.

  1. Rutin Membersihkan AC

Cara mengatasi alergi kulit berikutnya adalah rutin membersihkan pengatur temperatur ruangan atau AC. Sebaiknya atur suhu ruangan antara 18 hingga 20 derajat celcius. Hal ini bertujuan agar kutu yang ada pada buku tidak mengalami peningkatan. Selain itu, pastikan terdapat penyaring udara untuk menutup ventilasi AC agar partikel udara bisa tersaring dengan baik. Anda juga dapat memanfaatkan ionizer yang digunakan untuk membantu memurnikan udara. Sedangkan untuk cat tembok, Anda dapat mengaplikasikan cat tembok yang memiliki kemampuan anti jamur.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Pemicu Alergi

Alergi juga bisa dipicu oleh berbagai jenis makanan, salah satunya makanan laut atau seafood. Tidak sedikit orang yang mengalami alergi terhadap makanan laut tersebut. Selain seafood, makanan yang bisa memicu alergi diantaranya seperti susu, telur dan kacang. Oleh karena itu, perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar resiko terkena alergi kulit dapat menurun. Sedangkan apabila alergi kulit yang Anda alami merupakan jenis penyakit tertentu, seperti cacar air. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan bedak yang khusus digunakan untuk meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh alergi kulit. Jenis bedak yang digunakan merupakan bedak yang mengandung calycil. Bedak jenis ini biasanya digunakan pada saat tonjolan cacar air sudah mulai mengering, karena pada saat itu cacar tersebut akan menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Itulah beberapa cara mengatasi Alergi Kulit yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.