Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Dan Cepat

Bagaimanakah cara mengobati jerawat secara alami? Hampir tak terelakkan bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan jerawat dalam setiap masa dalam hidupnya. Jerawat lebih umum dialami remaja, namun orang dewasa juga dapat mengalami masalah jerawat yang disebabkan oleh stres, perubahan hormon, atau iritasi kosmetik.

Jerawat tidak dapat lenyap dalam semalam dan tidak ada cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 1 hari. Anda harus belajar mengetahui bagaimana merawat wajah lembut dan menyembunyikan sebagian jerawat ringan dan sedang dari wajah Anda agar penampilan Anda tidak terganggu.

Cuci wajah menggunakan tangan, bukan lap atau spon. Kedua bahan tersebut dapat mengiritasi kulit berjerawat. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut. Gunakan air hangat, jangan air panas karena dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit Anda. Sebaiknya mencuci muka dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali pada malam hari untuk menghapus riasan.

Hindari mencuci wajah Anda terlalu sering karena hal ini dapat mengiritasi kulit dan benar-benar membuatnya lebih buruk. Keringkan dengan handuk lembut dan hati-hati, kemudian, aplikasikan pelembab non-comedogenic agar pori-pori Anda tidak akan tersumbat.

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Cepat

cara-mengobati-jerawat-secara-alami

Coba bahan-bahan alami dan lihatlah ke dapur sebelum membeli obat jerawat yang mahal di toko atau apotik. Obat-obat jerawat seperti itu memang membantu menghilangkan jerawat namun juga memiliki resiko kulit iritasi. Coba cara mengobati jerawat secara alami dan cepat dengan jus lemon. Cukup oleskan jerawat dengan kapas yang sudah direndam dalam jus lemon. Diamkan selama tiga puluh menit, lalu bilas dengan air dingin. Jus lemon merupakan desinfektan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini juga merupakan exfoliant alami dan dapat meringankan kulit yang dapat menyembunyikan peradangan akibat jerawat.

Madu terkenal dengan sifat antiseptik dan antibakteri. Anda dapat menerapkannya langsung ke kulit, diamkan, dan kemudian bilas dengan air. Selain itu, Anda juga bisa membuat masker madu herbal.

Campurkan madu dengan susu, parutan apel, yoghurt, lidah buaya, atau putih telur dan oleskan pada kulit Anda. Diamkan sebentar dan kemudian bilas dengan air. Oleskan es batu untuk mengurangi peradangan akibat jerawat. Letakkan es batu pada kain lap yang bersih lalu letakkan di bagian wajah yang berjerawat selama satu atau dua menit.

Sangat disarankan untuk menghindari makeup selama kulit berjerawat agar kulit dapat pulih dengan lebih cepat. Namun jika harus menghadiri acara atau pergi keluar rumah untuk beraktivitas, Anda bisa menutupi jerawat dengan menggunakan concealer dan bedak yang non comedogenic.

Jika ingin menggunakan pengobatan topikal, coba cari produk perawatan jerawat yang bekerja dengan baik pada kulit Anda. Bahan utama obat topical antara lain benzoil peroksida, asam salisilat, dan minyak pohon teh. Benzoil peroksida berguna untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat, tapi mungkin memerlukan waktu sekitar empat minggu untuk melihat hasilnya.

Asam salisilat dapat mengecilkan pori-pori dan mengurangi kemerahan atau bengkak. Tea Tree Oil juga merupakan cara yang lebih ringan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Pastikan untuk mencairkan tea tree oil sebelum diaplikasikan ke kulit. Kedua bahan ini juga membutuhkan waktu dan penggunaan konstan.

Kebanyakan jerawat yang tidak terlalu parah memerlukan kombinasi perawatan obat topical dan juga cara mengobati jerawat secara alami. Jika jerawat tidak juga hilang setelah perawatan selama enam minggu, mungkin Anda perlu untuk mendapatkan resep untuk pengobatan sistemik dari dokter.