Cara Mengendalikan Rasa Lapar Saat Diet

menahan lapar
Rasa lapar kadang melanda orang yang sedang menjalankan program diet, rasa lapar tersebut kerap kali menjadi penghambat bagi orang yang ingin konsisten menjalankan dietnya. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, yang terpenting kita tidak terlalu berlebihan dalam menanggapi lapar tersebut. Salah satu cara agar lapar tidak menjadi penghambat diet yaitu dengan cara menahan rasa lapar tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mengatasi lapar disaat sedang menjalani program diet Anda, karena ada berbagai cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menahan rasa lapar.

  • Memperhatikan Apa yang Dikonsumsi

Dalam mengendalikan rasa lapar, langkah awal yang dapat dilakukan yaitu memilih dengan cerdas dan bijak makanan apa yang akan dikonsumsi. Makanan merupakan hal wajib yang perlu Anda perhatikan pada saat menjalankan program diet, misalnya memperhatikan asupan yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi seperti karbohidrat, protein, lemak sehat dan serat. Serat yang terkandung di dalam makanan akan lama dicerna oleh tubuh sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Serat bisa didapatkan dari sayur dan buah.

Selain itu, lemak sehat juga merupakan kandungan yang cukup penting dalam mengendalikan rasa lapar. Seperti halnya serat, makanan yang di dalamnya mengandung lemak sehat juga akan sulit dicerna. Sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar.

  • Memakan dengan Porsi Kecil

makan dengan porsi kecilMengonsumsi makanan dengan porsi kecil, akan membuat kita tidak terlalu buru-buru serta bisa mengunyah makanan secara perlahan.

  • Cara Makan yang Benar

Selain memilih menu makanan, untuk menahan nafsu makan juga perlu diperhatikan cara mengonsumsi makanan tersebut. yang perlu diperhatikan yaitu mengunyah makanan hingga halus dan jangan menelan makanan saat masih kasar. Mengunyah makanan sebaiknya dilakukan hingga halus setidaknya 36 kali. Selain itu, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan saat Anda tidak merasa lapar atau saat sedang melakukan aktivitas tertentu. Mengonsumsi makanan saat sedang melakukan aktivitas tertentu, biasanya kita tanpa sadar mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori yang besar. Hal tersebut yang akhirnya bisa menggagalkan diet yang Anda jalani.

  • Kenali Mana Lapar yang Sesungguhnya

Terkadang lapar tidak hanya disebabkan oleh perut yang belum terisi, namun bisa juga disebabkan oleh pola pikir serta keadaan psikis seseorang. Misalnya saja pada saat seseorang sedang stress dan marah, biasanya akan mengonsumsi makanan dengan jumlah yang tidak seperti biasanya. Oleh karena itu, untuk mengendalikan rasa lapar, maka Anda perlu mengetahui bagiamana cara untuk mengubah pola pikir Anda menjadi lebih positif. Pada saat perut lapar, konsentrasi akan menghilang. Maka pada saat itulah perut Anda perlu diisi dengan makanan.

Itulah beberapa cara untuk mengendalikan rasa lapar yang bisa Anda terapkan agar diet yang Anda lakukan memberikan hasil yang maksimal.