Cara Mengatasi Uban Rambut Di Usia Muda

No comment 8293 views

Rambut merupakan mahkota bagi siapapun, namun ketika umur manusia semakin menua, maka pigmen pada rambut akan semakin berkurang sehingga akan membuat rambut menjadi putih. Itulah yang selama ini kita sebut dengan uban.

Sangat wajar kita temukan seseorang yang telah berusia lanjut mulai tumbuh uban di kepala, namun bagaimana jika uban tumbuh pada seseorang yang masih muda? Tentu hal ini akan membuat penampilan seseorang menjadi sangat berantakan dan percaya diri semakin hilang. Namun jangan khawatir, karena sebenarnya ada banyak sekali bahan yang bisa kita gunakan sebagai cara mengatasi uban.

Rambut beruban disaat usia masih muda? Ini bukan suatu hal yang umum, namun demikian ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. Lalu, apa yang biasa dilakukan orang dengan rambut yang beruban? Ketika uban mulai menghiasi kepala, maka yang sering dilakukan orang adalah:

Cara Mengatasi Uban Di Usia Muda

cara-mengatasi-uban-rambut-di-usia-muda

1. Mencabuti uban

Hal ini sangat-sangat berbahaya, karena rambut tumbuh pada kulit kepala yang memiliki banyak syaraf disana. Ketika satu rambut tercabut dengan sengaja, maka hal ini akan menyebabkan terganggunya syaraf yang lainnya. Sebaiknya hal ini dihindari.

2. Pengecatan

Sedangkan cara mengatasi uban di usia muda umum yang sering kita lihat adalah, banyak orang yang melakukan pengecatan pada rambut. Dengan cara ini maka uban akan tertutup sempurna, namun beberapa hal lain yang merugikan untuk rambut dan bahkan kesehatan sangat mungkin terjadi.

Hal negatif yang ditimbulkan dari pengecatan antara lain, rambut akan rusak dan semakin banyak tumbuh uban. Selain itu, bahan kimia yang terkandung pada cat sangat mungkin menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Cara yang benar untuk mengatasi uban saat usia masih muda adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa mengatasi rambut beruban. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka kita bisa mencegah rambut beruban datang lebih awal. Makanan tersebut bisa berbentuk sayur atau buah-buahan.

Sebagai contoh sayur yang memiliki khasiat untuk itu adalah daun pegagan, wortel, bayam, melon jeruk dan buah-buahan bervitamin C. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dengan cara di jus. Makanan tersebut sangat baik untuk ginjal dan paru-paru.

Disisi lain, Anda juga harus melakukan pantangan terhadap bahan makanan tertentu yang bisa membuat rambut cepat mengering dan akhirnya memicu pada timbulnya uban. Beberapa bahan makanan tersebut adalah makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna yang berlebihan dan juga bahan kimia yang bisa membahayakan rambut dan tubuh dan penggunaan shampo secara berlebihan.

Cara Mengatasi Uban Rambut

Cara mengatasi uban rambut dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Namun sebelum melakukan langkah pencegahan, maka ada baiknya kita mengetahui penyebab timbulnya uban dini. Pada seseorang yang memiliki kerja ginjal dan paru-paru yang tidak optimal, bisa menjadi penyebab timbulnya uban.

Faktor lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya uban adalah jenis makanan tertentu, cat rambut, penggunaan minyak rambut, atau bisa juga karena rambut sering terkena benda panas seperti ketika melakukan proses pelurusan atau pengeritingan rambut.

Untuk mengatasi uban disambut dapat Anda gunakan rendaman teh basi untuk membuat rambut Anda terhindar dari uban. Rendaman teh yang telah Anda diamkan selama satu hari tersebut jika Anda gunakan untuk keramas maka Anda akan memberikan warna hitam berkilau pada rambut.

Konsumsilah protein yang cukup yang bisa didapatkan dari hewani ataupun nabati. Cara mengatasi uban ini dirasa sangat efektif dan mudah. Jadi jika Anda termasuk salah satu pemilik uban ini sebaiknya lakukan trik diatas tadi mulai saat ini.