Cara Mengatasi Ketombe Akut dan Membandel

No comment 32597 views

Ketombe merupakan musuh setiap orang. Ketombe membuat seseorang tidak nyaman karena rasa gatal yang menyertainya. Apalagi jika seseorang mengenakan jas hitam atau gelap, maka ketombe yang bertebaran membuat penampilan kacau dan tidak percaya diri. Ketombe jika tidak diatasi sejak awal, maka akan tumbuh membandel.

Bagi Anda yang mempunyai masalah ketombe, mungkin pernah merasakan frustasi dengan ketombe yang selalu datang dan pergi. Namun, ketombe bukanlah musuh yang tidak bisa dihilangkan karena cara mengatasi ketombe dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan bahan-bahan alam.

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengatasi ketombe merupakan bahan yang aman bagi kulit kepala karena tidak mengandung bahan kimia. Selain itu, keberadaannya juga mudah didapatkan karena terdapat di sekitar kita, diantaranya yaitu garam, jeruk nipis, lemon, tanaman lidah buaya, cuka, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Ketombe Akut

cara-mengatasi-ketombe-akut-membandel

Pada dasarnya, penyebab ketombe bermacam-macam dan dapat berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Penyebab ketombe diantaranya yaitu sering ganti-ganti merk shampo, memakai shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut karena terpengaruh iklan, tidak bersih ketika membilas setelah keramas, kurang merawat rambut, dan lain sebagainya.

Sebagai cara mengatasi ketombe akut maupun kronis, bahan-bahan alami ini dapat Anda pilih salah satu yang sesuai bagi Anda. Anda juga harus teratur dan bersabar untuk mengatasinya, karena semua yang baik tidak didapatkan dengan cara instan. Semua hal butuh proses. Pertama, dengan garam. Caranya cukup siapkan garam secukupnya, lalu gosok-gosokkan pada permukaan kulit kepala perlahan-lahan. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Kedua, dengan air perasan jeruk nipis, air, dan jus lemon. Peraslah jeruk nipis secukupnya, lalu gunakan airnya untuk mengoleskan pada kulit kepala sambil dipijit perlahan. Siapkan gelas, isi dengan air dan jus lemon sebanyak saru sendok makan. Campurkan air dan jus lemon, lalu siramkan ke permukaan kulit kepala. Bilas dengan air sampai bersih.

Cara Mengatasi Ketombe Membandel

Ketiga, cara mengatasi ketombe membandel dengan lidah buaya. Ambil daging daun lidah buaya secukupnya. Gosok-gosokkan pada kulit kepala. Diamkan 10-15 agar meresap dan mongering. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Keempat, dengan cuka. Campuran cuka dan air bersih dengan perbandingan yang sama.

Oleskan pada permukaan kulit kepala setelah keramas. Biarkan 5-10 menit. Bilas dengan air sampai bersih. Kelima, dengan minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kepala merata ke permukaan kulit kepala sambil lakukan pijatan ringan. Setelah itu, balut kepala dengan handuk yang telah dicelupkan pada air hangat. Diamkan sekitar 20 menit. Lalu bilas dengan air.

Keenam, dengan baking soda. Selama ini baking soda dikenal sebagai bahan untuk membuat roti. Namun ternyata kandungan di dalamnya dapat mengangkat ketombe sehingga ketombe hilang secara perlahan. Cukup gosok-gosokkan pada kulit kepala secukupnya.

Bilas dengan air sampai bersih. Ketujuh, meskipun Anda tidak menggunakan obat berbahan kimia untuk mengatasi ketombe, namun Anda tetap memerlukan shampoo untuk membersihkan rambut. Oleh sebab itu, dalam memilih shampoo, pilihlah shampoo yang sesuai dengan kulit Anda. Kemudian jika sudah cocok dan tidak terdapat masalah, setialah hanya pada satu shampoo.

Jangan sampai Anda tergoda untuk membeli bermacam-macam shampoo hanya karena tergoda iklan, misalnya karena diskon, karena ikonnya artis kesukaan Anda, atau karena ingin mengoleksi. Rambut Anda bukanlah bahan percobaan. Apalagi kulit kepala yang berhubungan langsung dengan syaraf-syaraf di dalam.

Itulah beberapa cara mengatasi ketombe, baik yang akut maupun kronis yang sudah membandel. Kemudian saran bagi Anda, janganlah terlalu sering keramas. Keramaslah 2-3 kali saja dalam satu minggu, tidak usah setiap hari. Keramas setiap hari justru akan menghilangkan kelembaban alami kulit kepala dan rambut Anda. Dalam membilas rambut setelah keramas, pastikan bahwa bilasannya bersih, jangan sampai ada busa-busa yang tersisa karena ini akan menyebabkan ketombe dan rambut rusak.