Cara Membersihkan Wajah Dari Jerawat Berminyak yang Benar

Tips dasar dari kulit wajah yang sehat dan tampak terawat adalah dengan rutin membersihkan wajah. Dengan membersihkan wajah maka kotoran dan debu yang menempel di wajah akan hilang. Kotoran dan debu yang menempel di wajah ini jika tidak dibersihkan akan mengakibatkan wajah kusam dan berjerawat. Tentu hal tersebut sangat mengganggu penampilan dengan berkurangnya rasa percaya diri. Cara membersihkan wajah juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah jika salah dalam caranya.

Cara Membersihkan Wajah Yang Benar

cara-membersihkan-wajah-berminyak-berjerawat

Ada beberapa tips dalam cara membersihkan wajah yang benar agar kulit wajah tidak bermasalah akibat dari kesalahan membersihkan wajah. Diantaranya adalah pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Gunakanlah bandana atau kuncir rambut saat akan membersihkan wajah. Cuci wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka namun kulit tetap lembab. Basahkan tangan dengan air kemudian tuang pembersih wajah ke telapak tangan dan gosok hingga mengeluarkan busa.

Pastikan agar busa yang dihasilkan cukup banyak, hal ini dikarenakan agar pembersih wajah tidak langsung mengenai kulit, lalu gosokkan busa tadi ke wajah dan area leher dengan gerakan memutar sambil dipijit untuk melancarkan peredaran darah. Bilas wajah dengan air dingin, hal ini bermanfaat untuk menutup kembali pori-pori kulit. Kemudian tepuk perlahan wajah dengan handuk agar kulit wajah kering dan tidak lecet, terakhir berikan pelembab pada wajah.

Cara Membersihkan Wajah dari Jerawat dan Berminyak

Tips dasar merawat kulit adalah dengan membersihkan wajah teratur, namun bagaimana dengan kulit wajah yang berjerawat. Perlu tips khusus dalam cara membersihkan wajah dari jerawat sehingga tampak sehat dan terawat. Kulit berjerawat perlu penanganan khusus dalam merawat kulitnya. Kulit jerawat sangat sensitif dengan pembersih wajah yang menggunakan scrub sebagai bahan pembersihnya.

Gunakan pembersih wajah dengan bahan foam agar kulit tidak semakin teriritasi. Kulit yang berjerawat juga harus rutin dalam membersihkan wajah agar kotoran dan debu serta polusi yang menempel pada kulit wajah tidak mengendap dan menghasilkan jerawat baru. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit berjerawat.

Sama halnya dengan kulit berjerawat, kulit yang berminyak juga perlu penanganan khusus. Hal ini dikarenakan jika tidak rutin membersihkan wajah maka kotoran, debu dan polusi yang melekat pada kulit berminyak akan menimbulkan jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Cara membersihkan wajah berminyak sama halnya dengan cara membersihkan wajah pada umumnya.

Jika khawatir dengan pembersih wajah yang berada dipasaran karena menggunakan bahan kimia, pembersih wajah dari bahan alami dapat menjadi alternatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan rebusan daun seledri sebagai pembersih wajah, atau menggunakan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk membersihkan wajah berminyak. Kandungan vitamin C dalam air jeruk lemon dapat mencerahkan kulit dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Kedua bahan tersebut dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami untuk kulit wajah berminyak.

Dengan mengetahui tips dan trik cara membersihkan wajah maka diharapkan bahwa permasalahan pada kulit wajah akan berkurang. Kotoran yang mengendap akan dibuang bersamaan dengan busa sabun wajah. Namun jika khawatir dengan bahan kimia yang terkandung pada sabun pembersih wajah bisa menggunakan bahan alami sebagai pengganti pembersih wajah.

Gunakan buah dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi yang bermanfaat untuk hasil kulit wajah yang lebih cerah. Gunakan juga air hangat sebagai pembuka agar pori-pori membuka dan air dingin untuk penutup agar pori-pori menutup seperti semula. Semoga tips ini bermanfaat.