Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

No comment 2404 views

mengatasi bau badan secara alami

 

Keringat dan bakteri merupakan penyebab bau badan. Sebenarnya keringat yang dikeluarkan oleh tubuh tidak berbau. Akan tetapi hadirnya keringat membuat jumlah bakteri pada tubuh menjadi lebih banyak, dan bakteri yang bercampur dengan keringat membuat badan menjadi tidak sedap.Keringat merupakan sisa metabolisme dan dihasilkan oleh kelenjar apocrine dan accrine. Masing-masing kelenjar tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Pertama kelenjar accrine, kelenjar ini memproduksi kelenjar bening yang tidak memiliki bau, kelenjar accrine sudah diproduksi sejak bayi dan umumnya keluar dari dahi, punggung dan telapak tangan. Sedangkan kelenjar apocrine umumnya keluar dari tempat ada hubungannya dengan tempat tumbuhnya rambut misalnya ketiak. Keringat yang diproduksi oleh kelenjar apocrine biasanya akan meningkat pada saat masa pubertas dan keringat yang diproduksi oleh kelenjar apocrine akan bercampur dengan bakteri. Hal tersebut lah yang memicu timbulnya bau badan.

Umumnya keringat muncul setelah beraktivitas. Baik pria maupun wanita bisa saja memiliki bau badan. Timbulnya bau badan membuat kita menjadi kurang percaya diri dalam bergaul, bahkan orang yang memiliki bau badan kerap dijauhi. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki bau badan, sebaiknya mencari cara menghilangkan bau badan pada wanita maupun pria, agar hal tersebut tidak menimpa diri anda. Tapi tenang saja, berikut ini akan dipaparkan mengenai cara alami menghilangkan bau badan, baik itu pada pria maupun wanita.

  1. Mandi Secara Teratur

Salah satu penyebab bau badan adalah pola hidup yang tidak teratur, diantaranya yaitu jarang mandi. Apabila anda ingin terbebas dari bau badan, maka biasakan mandi secara teratur 3 kali sehari.

  1. Menggunakan Rebusan Daun Sirih

Salah satu tanaman yang kaya akan manfaat yaitu daun sirih. Salah satu manfaatnya dapat mengatasi masalah bau badan. Caranya dengan merebus daun sirih dengan air panas, setelah itu air rebusan daun sirih tersebut dicampur dengan air dingin agar tidak terlalu panas. Air rebusan daun sirih yang sudah dicampur dengan air dingin selanjutnya digunakan untuk mandi. Selain itu, rebusan daun sirih juga dapat digunakan dengan cara diminum. Agar lebih enak, dapat menambahkan gula putih pada air rebusan daun sirih.

  1. Jeruk Nipis

Menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini dilakukan dengan mencampurkan daun sirih, kapur dan perasan jeruk nipis. Selanjutnya campuran tersebut dioleskan pada bagian tubuh yang merupakan sumber bau badan missal ketiak dan lain sebagainya.

  1. Kemangi

Selain dijadikan sebagai lalap, kemangi ternyata juga dapat menghilangkan bau badan. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan memakan kemangi pada pagi dan sore hari, maka bau badan akan menghilang dengan sendirinya.

  1. Mentimun

Menghilangkan bau yang tidak sedap pada tubuh juga dapat dilakukan dengan menggunakan mentimun. Caranya dengan menggosokkan mentimun yang sudah dikupas pada bagian badan yang diyakini merupakan sumber bau badan. Lakukan cara ini secara rutin setiap selesai mandi.