Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

bibir keringBibir yang kering dan pecah-pecah dapat diindikasikan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Apabila hal tersebut terjadi, maka untuk mengatasinya yaitu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan meminum air yang mengandung elektrolit atau bisa juga dengan meminum air kelapa, karena air kelapa mengandung elektrolit serupa dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

1. polusi udara dan debu

2. mengkonsumsi makanan yang terlalu asin dan asam

3. kebiasaan menjilat bibir

4. asupan buah dan sayur yang kurang

5. alergi terhadapa bahan yang terdapat di dalam kosmetik

6. kebiasaan merokok

7. memakai pasta gigi yang di dalamnya mengandung banyak detergen

Apabila anda mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah. Cara mengatasi bibir kering dan pecah dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami. Selain tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, mengatasi bibir kering dan pecah dengan bahan alami, anda juga tidak perlu takut akan efek samping yang ditimbulkan.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Selain sariawan dan sakit gigi, masalah mulut lainnya adalah bibir kering. Akan tetapi kini anda tidak perlu khawatir akan masalah tersebut, karena bahan alami berikut ini akan mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah anda.

  1. Kelopak bunga mawar

kelopak bunga mawarKelopak bunga mawar bisa digunakan untuk melembabkan dan mengembalikan warna alami bibir anda. Caranya, kelopak bunga mawar direndam ke dalam susu selama beberapa jam. Setelah itu haluskan kelopak bunga mawar hingga menjadi pasta. Kemudian kelopak bunga mawar yang sudah halus, dioleskan pada bibir setiap malam sebelum tidur.

  1. Madu

maduMadu yang digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah madu murni. Cara mengatasi bibi kering dan mengelupas dengan menggunakan madu cukup mudah, yaitu hanya mengoleskan madu pada  bibir. Untuk hasil yang optimal, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.

Selain itu, madu dapat dicampur dengan gliserin atau bisa juga dicampur dengan gula. Caranya campurkan satu sendok madu dengan satu sendok gula, aduk hingga membentuk pasta. Kemudian campuran tersebut dioleskan pada bibir dan biarkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, gosok bibir secara lembut dengan menggunakan jari. Cara tersebut, bisa mengelupas lapisan bibir yang kering.

  1. Mentimun

mentimunMentimun ternyata berkhasiat untuk mengobati bibir yang kering dan mengelupas. Caranya dengan menggosokkan mentimun yang sudah diiris pada bibir anda. Mentimun mengandung banyak air sehingga bibir terhidrasi. Bibir yang sudah digosok dengan mentimun, selanjutnya diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.