8 Penyebab Rambut Rontok Parah Berlebihan pada Wanita

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang cukup mengganggu. Penyebab rambut rontok sendiri cukup bermacam-macam. Hampir semua orang pernah mengalami masalah rambut rontok. Baik anak-anak hingga orang dewasa, semuanya dapat mengalami masalah ini. Kerontokan rambut dianggap normal jika dalam jumlah yang sedikit.

Jika berlebihan maka kerontokan rambut tersebut dapat menyebabkan kebotakan. Rambut yang rontok secara berlebihan dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Kerontokan rambut paling banyak dialami oleh kaum wanita. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

Penyebab Rambut Rontok Parah Berlebihan Pada Wanita

1. Siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang

penyebab-rambut-rontok-parah

Pertumbuhan rambut yaitu sekitar 1 inchi setiap bulannya. Pertumbuhan rambut ini dapat berbeda-beda, tergantung dari hormon seseorang. Salah satu penyebab rambut rontok parah yaitu adanya gangguan yang disebabkan hormon androgen. Akibat dari proses pertumbuhan rambut yang tidak normal, maka rambut dapat rontok dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Kehamilan dan persalinan

Pada saat hamil atau setelah melahirkan, banyak wanita yang rambutnya rontok. Bahkan kerontokan yang terjadi dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah melahirkan, sekitar 3 bulan kemudian maka akan dapat terlihat bahwa adanya rambut rontok yang cukup parah. Penyebab rambut rontok pada wanita ini terjadi secara alami. Hingga beberapa bulan kemudian maka rambut akan pulih dan tidak akan rontok lagi. Atau jika masih rontok hanya dalam jumlah yang sedikit.

3. Gangguan hormon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gangguan hormon androgen dapat menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah. Selain gangguan hormon androgen, gangguan hormon estrogen juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut yang parah. Hal ini terjadi saat tiroid Anda bekerja terlalu aktif atau malah tidak aktif sama sekali. Hal inilah yang menjadi penyebab kerontokan rambut yang cukup parah.

4. Obat-obatan

Penyebab lain terjadinya kerontokan rambut yang cukup parah yaitu karena obat-obatan. Tidak semua obat-obatan dapat menyebabkan kerontokan. Hanya beberapa saja yang memiliki efek samping dapat membuat rambut rontok. Kerontokan rambut akan berhenti jika konsumsi obat-obatan tersebut juga dihentikan. Beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut diantaranya yaitu obat yang terlalu banyak mengandung vitamin A, obat asam urat, pengencer darah, obat antidepresan, kontrasepsi dan obat kemoterapi.

5. Infeksi

Infeksi di kulit kepala dapat membuat rambut Anda rontok. Untuk menghentikan kerontokan rambut ini, Anda dapat menggunakan anti jamur kerontokan. Pemberian anti-jamur ini dapat menghentikan kerontokan rambut Anda.

6. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah. Penyebab rambut rontok berlebihan lainnya yaitu karena penyakit kronis. Diantaranya yaitu penyakit lupus dan juga penyakit diabetes. Kedua penyakit ini dapat membuat rambut Anda rontok dalam jumlah yang banyak.

7. Kurang gizi dan vitamin

Banyak orang yang melakukan diet yang cukup ketat. Hal ini mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan gizi dan vitamin. Hal ini berdampak buruk juga bagi rambut. Rambut akan mudah rontok, bahkan dalam jumlah yang banyak. Untuk menghentikannya tentunya Anda harus mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin Anda.

8. Gangguan emosional

Gangguan emosional atau stres adalah salah satu penyebab kerontokan rambut yang cukup sering dialami. Seseorang yang memiliki gangguan emosional akan merasa tertekan atau stress. Hal inilah yang menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah.

Itulah beberapa penyebab kerontokan rambut yang cukup parah. Rambut yang rontok memang dialami oleh hampir semua orang. Hal ini dianggap wajar jika dalam jumlah yang sedikit. Tetapi dapat berakibat kebotakan jika sudah parah. Penyebab rambut rontok sendiri bermacam-macam.