7 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Alami

No comment 28365 views

Mahkota dari wanita adalah rambut, oleh karena itu, setiap wanita harus merawat dan menjaga rambut agar tetap indah. Walaupun sudah dirawat dengan baik rambut tidak luput dengan masalah. Salah satu masalah rambut yang sering dialami adalah lepek dan berminyak. Rambut yang mengalami kelebihan minyak harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah lainnya. Cara mengatasi rambut berminyak bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan perawatan yang tepat dan sesuai.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek Rontok

Perawatan untuk rambut berminyak dan lepek berbeda dengan perawatan rambut pada umumnya. Hal ini disebabkan keadaan rambut yang jauh berbeda dengan keadaan rambut normal. Berikut cara mengatasi rambut berminyak dan lepek agar normal kembali.

cara-mengatasi-rambut-berminyak

1. Gunakan Shampo yang ringan

Untuk Anda yang rambutnya mengalami masalah kelebihan minyak, sebaiknya menggunakan shampoo yang ringan. Dalam artian, kandungan dalam shampoo yang digunakan tidak terlalu berat. Shampoo bayi lebih dianjurkan untuk mengatasi rambut yang berminyak. Selain itu, shampoo mild juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak pada rambut.

2. Hindari conditioner

Biasanya untuk merawat rambut agar tetap sehat diperlukan conditioner yang tepat. Untuk rambut yang berminyak sebaiknya jangan menggunakan conditioner. Penggunaan conditioner hanya akan memperparah minyak yang ada di rambut. Bukan semakin teratasi tapi justru membuat rambut semakin lepek. Anda bisa mengganti conditioner dengan vitamin rambut berminyak.

3. Keramas dua hari sekali

Melakukan keramas secara rutin juga bisa mengatasi rambut berminyak. Keramas untuk mengatasi rambut berminyak sebaiknya dilakukan setiap dua hari sekali. Hal ini dilakukan agar rambut yang berminyak tidak menimbulkan masalah yang lebih serius seperti ketombe dan kerontokan.

4. Gunakan air jeruk nipis

Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok juga bisa dilakukan dengan menggunakan air jeruk nipis. Gunakan air perasan jeruk nipis setelah keramas pada rambut. Pijatkan secara merata pada kulit kepala. Hal ini bisa menguatkan akar rambut dan membuat rambut tidak lepek karena minyaknya sudah terserap oleh jeruk nipis.

5. Hindari menyisir rambut terlalu sering

Rambut yang berminyak dan lepek sangat mudah untuk mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, hindari untuk menyisir rambut terlalu sering. Sisirlah rambut sehari satu kali saja dengan menggunakan sisir bergigi renggang untuk menghindari kerontokan pada rambut. Selain itu, jangan sering mengikat rambut karena bisa memperparah lepek pada rambut dan kerontokan.

6. Pijat dengan minyak hangat

Memijat kulit kepala dengan minyak zaitun hangat bisa membantu mengatasi rambut yang berminyak. Minyak zaitun bisa membantu mengurangi minyak pada rambut dan membuat rambut menjadi kuat. Pemijatan dengan minyak hangat ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih rileks dan nyaman.

7. Jangan gunakan serum rambut

Untuk Anda yang mempunyai rambut berminyak sebaiknya segera berhenti menggunakan serum rambut. Hal ini dikarenakan serum rambut hanya akan membuat rambut semakin lepek dan berminyak. Penggunaan serum yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab rambut menjadi berminyak. Lebih baik, gunakan vitamin rambut berminyak dibandingkan dengan menggunakan serum.

Penyebab rambut berminyak bisa dikarenakan oleh faktor internal maupun eksternal tubuh. Faktor internal misalnya keadaan hormon dalam tubuh. Sedangkan faktor eksternal bisa dikarenakan cuaca maupun menggunakan shampo yang salah. Dengan cara-cara diatas, Anda tentunya bisa mengembalikan rambut yang berminyak kembali normal. Jika rambut sudah normal kembali sebaiknya lakukan perawatan seperti biasanya agar rambut tetap sehat. 7 cara mengatasi rambut berminyak diatas semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.