5 Cara Merawat Kaki Kering dan Pecah-Pecah

No comment 5639 views

Kaki merupakan bagian tubuh yang seringkali diabaikan untuk dirawat. Hal ini dikarenakan letak kaki yang dibawah dan dianggap kurang begitu penting. Merawat kebersihan dan keindahan kaki adalah hal wajib karena kebersihan kaki juga mencerminkan kepribadian seseorang yang bersih.

Cara merawat kaki tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan banyak orang. Cukup gunakan bahan-bahan yang sederhana, Anda sudah bisa melakukan perawatan yang maksimal pada kaki. Perawatan kaki ini memang mudah tapi harus dilakukan rutin agar kaki tetap sehat dan juga bersih.

Cara Merawat Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Kaki yang dirawat dengan baik akan terhindar dari berbagai jamur dan infeksi yang bisa merusak keindahan kaki Anda. Selain itu, perawatan pada kaki juga bisa menghilangkan pecah-pecah yang ada di bagian tumit kaki. Berikut beberapa cara untuk merawat kaki yang tepat.

cara-merawat-kaki-kering-pecah-pecah

1. Rendam kaki dengan air hangat dan garam

Merendam kaki didalam air hangat secara rutin setiap hari bisa membuat kaki bebas dari pecah-pecah dan kering. Rendamlah kaki Anda di air hangat setiap pulang dari kantor atau setelah selesai melakukan aktifitas sehari-hari. Jika kulit kaki sudah terlanjur kering Anda bisa menambahkan sedikit garam pada air hangat tersebut. Cara merawat kaki kering dengan rendaman air hangat dan garam ini bisa menghilangkan sel kulit mati yang ada di kaki yang menyebabkan kulit kaki menjadi kering.

2. Rendam dengan jus lemon

Jika kulit sudah terasa sangat kering, sebaiknya ganti air rendaman Anda dengan jus lemon. Minuman yang enak untuk dikonsumsi di siang hari yang panas ini ternyata bisa membantu mengatasi kulit kaki yang kering. Campurkan air dengan jus lemon yang masih segar untuk rendaman kaki yang sudah kering. Merendam kaki di dalam jus lemon tidak perlu terlalu lama, cukup 15 sampai 30 menit saja.

3. Oleskan pelembab alami

Untuk merawat kaki yang sudah mengalami pecah-pecah bisa menggunakan pelembab alami dari bahan alami. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Dengan lidah buaya bisa membuat kulit pecah-pecah kembali mulus kembali. Cara merawat kaki pecah-pecah dengan menggunakan lidah buaya ini cukup dengan mengoleskannya dibagian tumit atau kaki yang mengalami pecah-pecah secara rutin setiap harinya.

4. Gosok dengan menggunakan spon kasar dan scrub alami

Jika kulit kaki sudah mengalami pecah-pecah dan kering yang cukup parah, Anda bisa menggosoknya dengan spon yang agak kasar. Sebelum menggosok lebih baik merendam kakinya terlebih dahulu. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan scrub alami seperti kopi untuk menggosok kaki yang pecah-pecah. Selain kopi, scrub dari teh hijau juga bisa membantu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah.

5. Gunakan sepatu yang nyaman

Merawat kaki juga harus dilakukan dengan menggunakan sepatu yang nyaman. Sepatu yang digunakan untuk keseharian harus sepatu yang nyaman untuk kaki Anda. Jika merasa kurang nyaman dalam menggunakan sepatu sebaiknya langsung diganti saja dengan sepatu yang lebih nyaman. Hindari untuk menggunakan sepatu yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama karena bisa melukai pengguna. Penggunaan sepatu ini juga bisa mempengaruhi kesehatan kaki Anda.

Merawat kaki dengan cara yang benar bisa membuat kaki menjadi sehat dan bebas dari pecah-pecah. Jika kaki sudah mengalami pecah-pecah sebaiknya langsung saja melakukan perawatan yang tepat. Perawatan ini tidak harus dilakukan di salon, di rumah pun Anda sudah bisa mendapatkan kaki yang mulus bebas pecah-pecah. Dengan informasi beberapa cara merawat kaki yang benar diatas semoga bisa membantu Anda mengatasi masalah kaki yang dialami.